Joke Andy Dinilai Pelecehan

Kapanlagi.com – Setiap membawakan acara KICK ANDY, presenter Andi F Noya kerap memberikan joke dalam bentuk pertanyaan yang mengundang tawa semua hadirin yang datang di acaranya itu. Namun sepertinya tidak semua orang bisa menerima gayanya itu, hingga berbuntut protes dari aktivis perempuan dan anak, Dewi Motik dan Tatty Elmir saat taping acara yang tayang di MetroTV itu.

Baik Tatty yang akhirnya diusir, maupun Dewi Motik yang lebih dulu memilih meninggalkan acara, menilai dialog Andy saat itu justru mengeksplor masalah seks bebas di kalangan remaja, yang saat itu menjadi tema pembicaraan, dibanding bicara tentang bahayanya. Bahkan joke itu dinilai pelecehan saat ditertawakan dan harus dikasih tepukkan tangan.

“Banyak ungkapan-ungkapan miris si gadis justru ditanggapi dengan joke oleh Andy yang memberi kesan seolah membenarkan kebiasaan buruk si gadis,” tulis Tatty Elmir dalam blog pribadinya.

Misalnya Andy bertanya “Apakah bunga (nama samaran si gadis) memilih-milih orang yang menerima jasanya (yang disebutnya sebagai klien)? Lalu si gadis menggeleng. Terus Andy mencecar terus, jadi ga apa-apa kalau yang datang tipe begini, begitu…termasuk…’Jadi orang kribo juga boleh?”, tanyanya nakal sambil ngakak menunjukkan ke-‘kriboan’-nya. ( Meski hanya gurauan, tapi ga kebayang bagaimana perasaan anak, istri dan mertua Andy menonton acara ini )” sambungnya dalam tulisan itu.

Tatty Elmir juga kecewa karena psikolog Elly Risman yang diundang sebagai nara sumber, ternyata hanya didudukkan di kursi audience, tidak naik di atas panggung bersama Andy, dan hanya mendapat pertanyaan singkat. Sehingga, menurutnya, tidak dapat mempertajam materi yang menyangkut ‘Bencana Kemanusiaan’ itu.

“Ibu Elly tak lebih hanya dijadikan sebagai ‘Asesoris’, pelengkap dan pemanis suatu acara…..dan sebagai alasan untuk suatu show yang seimbang karena menghadirkan pakar,” ungkapnya. Bahkan sampai selesai, lanjut Tatty, wawancara dengan PSK remaja perempuan yang jadi bintang tamu, tidak sekalipun muncul pertanyaan tentang dampak atau mudharat yang diterima PSK anak tersebut.

“Semua pertanyaan-pertanyaan hanya memancing jawaban yang seolah-olah memberikan pesan bahwa seks bebas adalah sesuatu yang lumrah bagi remaja, dan betapa mudahnya mencari uang dengan menjual diri,” ungkapnya. Andy juga dianggap berlebihan dengan memancing dan tertawa soal klien gadis tersebut, yang mengaku pernah ‘dipakai’ pejabat penting seperti anggota DPR dan BIN.

“Yang lebih miris, Andy memancing apa benar si gadis juga dipakai pejabat penting? Lalu tertawa-tawa ketika si gadis mengiyakan sembari menyebut-nyebut pelanggannya dari berbagai lembaga terhormat negara seperti DPR dan BIN. (Kata-kata itu, lalu diulang-ulang dan diperdalam dalam canda tawa). Yang lebih konyol, ketika Andi memancing lagi, bagaimana bisa tahu bahwa mereka dari lembaga itu? Dan si ‘Bunga’ menjawab ‘Dari kartu anggota’,” ungkapnya.   (kpl/dar)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: